6 Tips Untuk UMKM Di Masa Krisis Corona

Pandemik Covid19 tidak dapat dipungkiri telah berdampak ke semua pihak. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan banyak kebijakan-kebijakan untuk membantu meringankan pelaku usaha dalam menghadapi dampak negatif dari Virus Corona yang menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia.
Member-member BEDO berdiskusi dan berbagi melalui Whatsapp Grup tentang dampak virus Corona kepada bisnis mereka dan tips-tips menyikapinya. Hasil diskusi mengerucut ke 6 poin utama yaitu :

1. Negosiasi
Lakukan negosiasi dengan bank, buyer dan pemasok utk keringanan cicilan, penundaan pengiriman dan kontrak.
2. Tekan Pengeluaran
Tekan pengeluaran, cek biaya satu persatu. Stop/tunda yang tidak perlu. Bila perlu stop produksi.
3. Fokus Dulu Jual Produk dengan masa kadaluarsa pendek
4. Perluas / ganti sekmen pasar
Perluas segmen pasar, jangan bergantung pada 1 segmen saja. Bila perlu beralih segmen untuk sementara (dari ekspor menjadi lokal)
5. Perkuat Online
Perkuat penjualan online dengan promosi yang lebih giat (google ad/fb ad) karna saat ini semakin banyak yang bekerja dari rumah. Tingkatkan rentang usia dan demografi (memperluas pasar online)
6. Beritakan ke semua pegawai
Sampaikan kabar terburuk kepada semua pekerja, agar mereka memahami situasi yang ada. Semakin ditutupi akan semakin tercium.

Semoga ini dapat membantu para pelaku usaha lainnya dalam menghadapi masa sulit ini. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat, stay safe.

Posted in: BEDO News